Alasan Wajib Sekolah | Pendidikan Formal

Tidak ada kata terlambat untuk menempa keahlian. Dari sistem pendidikan di Negara Indonesia, sekolah merupakan kewajiban masyrakat mulai dari umur 6 Tahun.

Manusia membutuhkan penopang hidup yaitu uang. Untuk mata uang di negara Indonesia adalah Rupiah. Dimana untuk mendapatkan Rupiah, dibutuhkan keahlian khusus. Keahlian khusus tidak mudah didapatkan jika seseorang tidak ingin menempa keahliannya sejak dini dan akan mendapatkan suatu penghargaan atau tanda lulus dari pendidikan tersebut yang bisa disebut dengan ijasah. Tidak ada kata terlambat untuk menempa keahlian. Dari sistem pendidikan di Negara Indonesia, sekolah merupakan kewajiban masyrakat mulai dari umur 6 Tahun.

Pendidikan Formal secara Umum
Normalnya, seseorang yang sudah menginjak usia 6 Tahun diwajibkan untuk mengikuti pendidikan Sekolah Dasar, yang artinya mempelajari dasar-dasar untuk mencapai keahlian yang ingin di dapatkan beberapa tahun kedepan.

Setelah menjalani Sekolah Dasar selama 6 Tahun, akan dilanjutkan lagi untuk menempuh Sekolah Menengah Pertama, yang artinya lebih mendalami apa yang telah diajarkan di Sekolah Dasar. Dan disinilah siswa akan merasakan dan mengukur kemampuan dari siswa tersebut, sehingga dapat menentukan bidang apa yang ingin di jalaninya di masa depan.

Setelah tamat dari Sekolah Menengah Pertama, kemampuan siswa kembali di asah dengan menempuh Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK), yang artinya basic yang sudah didapatkan di SMP kembali di asah dengan adanya pengelompokan atau jurusan, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Di SMA, siswa sudah memiliki pengetahuan lebih untuk bisa menentukan pekerjaan apa yang akan digeluti untuk menopang kehidupannya di masa depan, yaitu mendapatkan Rupiah dari hasil pekerjaan (gaji).

Suatu persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, diukur melalui tanda atau bukti kelulusan berupa ijasah. Untuk menentukan seberapa jauh kemampuan seseorang di kehidupannya.

Menentukan Jurusan
Perlu diketahui, siswa sebaiknya memilih jurusan di perkuliahan dengan minat dan cita-cita yang sesuai keinginannya. Karena, yang menjalani perkuliahan hingga bekerja nanti adalah siswa itu sendiri. Untuk menentukan jurusan, sebaiknya orang tua menilai kemampuan, minat, dan mengetahui cita-cita siswa tersebut, bisa dikalkulasi melalui nilai rapot, prestasi akademik atau non akademik dan juga mencocokan cita-cita siswa tersebut. Maka siswa akan lebih bersemangat dan nyaman dengan apa yang akan dipelajarinya selama perkuliahan hingga menjalani profesinya nanti.

Ketika orang tua tetap pendirian memilih jurusan kuliah hingga menentukan cita-cita siswa tersebut, oleh karena orang tuanya mengukur dengan kemampuannya sendiri bukan siswa tersebut, maka pendidikan yang di tempuh selama menjalani proses pembelajaran di sekolah, yang tujuannya untuk mengetahui minat dan kemampuan siswa untuk mengasah kemampuan yang menonjol dari siswa tersebut dibuang begitu saja. Padahal nilai, kemampuan dan minat itu adalah petunjuk kesuksesan siswa tersebut. Sehingga siswa tersebut tidak ada minat dan tidak bersemangat dalam menjalani perkuliahan oleh karena paksaan orang tua yang berdampak negatif untuk masa depannya. Itulah yang membuat mahasiswa tak kunjung lulus karena kemampuannya dibawah rata-rata.

Pendidikan Kuliah
Untuk memperkuat pemahaman yang lebih menjurus pada pekerjaan yang akan digeluti di masa depan, kembali diukur setelah diberikan mata kuliah yang menjurus pada pekerjaan yang ingin digeluti. Sehingga pengetahuan, cara berpikir sudah mengarah pada pekerjaan yang akan capai beberapa tahun kedepan dan keahliannya tidak bisa diragukan lagi.

Status siswa kini berubah menjadi mahasiswa, yang artinya tingkatan pengetahuan lebih tinggi daripada siswa.

Setelah lulus dari kuliah (Wisuda), akan dilaksanakan semacam pelatihan atau penyesuaian dalam pekerjaan sesuai dengan jurusannya, mulai secara teori maupun praktikum. Status mahasiswa kini berubah, diakui oleh Negara yang ditandai dengan title tambahan pada nama, yang menunjukan bahwa seseorang tersebut memiliki keahlian khusus di jurusan yang telah ditempuh. Sehingga mempermudah dalam mencari pekerjaan karena telah memiliki riwayat yang tertulis dalam bentuk ijasah.

Profesi
Disinilah seseorang yang telah memiliki gelar dan memulai kehidupannya yang mandiri sesuai Profesi dan bisa menghasilkan uang (mapan).

Sekolah Pendidikan Wajib

Kembali lagi ke diri masing-masing, apakah ingin mendapatkan uang atau tidak dalam kehidupannya di masa depannya. Pemalas berbeda dengan orang bodoh tetapi rajin. Dimana pemalas tidak memiliki tujuan hidup sedangkan orang bodoh yang rajin, kemungkinan dirinya dipaksa orang tuanya sehingga kemampuannya yang menonjol di bidangnya saat sekolah tidak digunakan.

Masa Tenggang Profesi
Karena orang tua memiliki masa tenggang waktu di pekerjaan yang telah dijalani (pensiun), maka salah satu cara untuk menghidupi diri sendiri adalah mencari pekerjaan dan siap bekerja keras lebih keras lagi dari pendidikan yang telah ditempuh. Lebih baik jika kita memiliki prinsip bahwa "orang tua telah membiayai saya selama menempuh pendidikan sejak kecil hingga saat ini, maka saya harus bisa mengembalikan uang tersebut demi kebahagiaan orang tua saya". Pada akhirnya kita akan menjadi orangtua seperti orang tua kita dulu sampai saat ini, yaitu membiayai anak untuk menempuh pendidikan.

Maka dari itu, menuntut ilmu penting untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat diri dan bisa semangat dalam bekerja.
Salam OTAKUMIS.

COMMENTS

Nama

Berita Kesehatan,3,Bisnis,8,CARA,12,Chord Lagu,2,Hidup Sehat,21,Ibu Hamil,4,Informasi,22,Jualan,5,Kesehatan,23,Konten Kreator,4,Konten Seru,1,Makalah,2,Motivasi,8,Pemula YouTube,1,Pendapat,11,Penyakit,3,Teknik Game,8,Tutorial Blogging,11,
ltr
item
OTAKUMIS: Alasan Wajib Sekolah | Pendidikan Formal
Alasan Wajib Sekolah | Pendidikan Formal
Tidak ada kata terlambat untuk menempa keahlian. Dari sistem pendidikan di Negara Indonesia, sekolah merupakan kewajiban masyrakat mulai dari umur 6 Tahun.
https://1.bp.blogspot.com/-3FprjEfQPr8/XgsvnCVGb6I/AAAAAAAAAg8/SF1SxqYfNS0ab_5RXM9cvudwY2Hr1YeqQCLcBGAsYHQ/s320/pendidikan-semangat-bekera.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-3FprjEfQPr8/XgsvnCVGb6I/AAAAAAAAAg8/SF1SxqYfNS0ab_5RXM9cvudwY2Hr1YeqQCLcBGAsYHQ/s72-c/pendidikan-semangat-bekera.JPG
OTAKUMIS
https://www.otakumis.com/2019/12/alasan-wajib-sekolah-pendidikan-formal.html
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/2019/12/alasan-wajib-sekolah-pendidikan-formal.html
true
1678029663612757951
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy