Cara Membuat Blog Artikel Baru sampai Lolos Google Adsense di Tahun 2020 Lengkap

Cara membuat Blog hingga dapat menghasilkan uang dengan menayangkan Adsense di artikel Blog secara cepat dan tepat. Artikel ini menjelaskan cara membuat Blog, artikel, pengaturan untuk tampil di penelusuran Google, penggunaan Google Console Search, pendaftaran Adsense melalui Blogger hingga cara cepat diterima sebagai penayang iklan Google Adsense.

Cara membuat Blog lengkap hingga dapat menghasilkan uang dengan menayangkan Adsense di artikel Blog secara cepat dan tepat. Artikel ini menjelaskan cara membuat Blog, artikel, pengaturan untuk tampil di penelusuran Google, penggunaan Google Search Console, pendaftaran Adsense melalui Blogger hingga cara cepat diterima sebagai penayang iklan Google Adsense.

Saya prbadi sebagai Blogger baru di Tahun 2020 terbilang terlambat, karena target kata kunci untuk membuat artikel yang berkualitas, rata-rata telah memiliki persaingan yang tinggi. Karena Blog saya sudah terisi iklan Adsense jadi saya harus mengundang banyak pengunjung untuk datang ke Blog saya, baik itu pengunjung organik ataupun pengunjung non organik. Sebagai Blogger pemula, saya lebih mementingkan kualitas artikel dengan target mencapai halaman pertama Google untuk mendapatkan pengunjung organik murni dari hasil pencarian seseorang di halaman Google.


Tujuan Awal Membuat Artikel di Blog

Pada Tahun 2011 awal mula berawal dari melihat bapak warnet menulis artikel untuk blognya, dan saya mencoba memahami Blog secara otodidak tanpa bertanya sekalipun (saking penasarannya), saya memilih Blogger.com sebagai rumah dari Blog saya, tanpa biaya sepeserpun, yang berisikan .blogspot pada alamat url Blog saya. Kemudian saya tidak fokus dengan blog tersebut, saya lebih memanfaatkan kegunaannya yaitu menulis untuk membagikan dalam bentuk alamat url. Saya sempat konsisten memebuat artikel sebanyak 114 artikel (artikel download) downloadable, hingga tahun 2013. Saya membuat Blog saat itu hanya untuk menyediakan artikel yang berisi kebutuhan orang bermain game yaitu Cheat Point Blank.Yang dimana Point Blank adalah permainan online perang secara online dan langsung (realtime) dengan pemain seluruh Indonesia.

Dan Cheat adalah cara alternatif atau cara curang untuk memainkan permainan tersebut. Jadi saat itu saya suka ke warnet, kegiatan saya bukan hanya bermain game saat di Warnet. Sebelum bermain game, saya mencari bahan-bahan cheat untuk teman-teman yang emosi dengan lawan yang menggunakan Cheat, sehingga ia dirugikan.

Sebenarnya sih saat itu saya hanya mencari bahan di Blog lain. Cuma, saya menambahkan beberapa deskripsi dan mengunci bahan tersebut dengan password yang saya buat, jadi seolah saya yang buat. Blog terserbut berjalan selama 3 bulan, dengan pengunjung Blog yang mengejutkan. Saat itu saya sebagai Blogger bukan karena paksaan, dan tidak memiliki target apapun, saya membuat artikel dengan hati yang tulus. Cara membuat Blog hingga saat ini terbilang sangat mudah dan gratis, berikut cara membuat Blog.


Menurut saya pribadi, saat itu pengunjung Blog di Tahun 2011 terbilang ramai dikarenakan belum ada smartphone yang canggih dan belum adanya aplikasi Google Play. Wajar saat itu ramai, masyarakat masih peka dengan Warnet, apa-apa Warnet, ada tugas ke Warnet, tidak ada tugas ke Warnet Facebook-an saja.

Jaman dulu buka Facebook saja ke Warnet, maka dari itu disaat jaman itu ramai pengunjung oleh karena banyak pengguna komputer di Warnet yang membuka Browser. Dan saat itu saya sempat mengatakan kepada ayah saya, bahwa saya bisa mendapatkan uang di Internet sebanyak Rp. 600,- melalui iklan (baru pasang iklan). Tetapi sumber iklan yang saya gunakan saat itu seperti tidak menjanjikan. Karena di tahun 2013 saya mulai sibuk mendaftar kuliah di Surabaya, pada akhirnya saya selesai mengurus Blog. Saya berhenti sebagai Blogger di Tahun 2013, di Tahun 2017 saya sempat update lagi dengan konten yang berbeda, dengan harapan diterima iklan Google Adsense, penolakan demi penolakan yang saya alami, saya mulai bingung, pada akhirnya artikel yang ada di Blog lama saya import ke Blog baru ini, dan saya mencoba mendaftar di Blog lama, tetap tidak diterima.

Akhirnya saya menghapus alamat url tersebut. Kini saya membentuk Blog baru di Bulan September 2019 kemarin, setelah membuat sekitar 25 artikel baru dan 114 artikel import, saya mendaftar kembali dengan smartphone lain, dengan data akun Google yang berbeda tak kunjung diterima. Pada saat itu saya menghapus sekitar 114 artikel Cheat, karena menurut peraturan pengelola iklan Google Adsense, dilarang membuat konten Cheat. Jadi saya memulai Blog baru lagi baru-baru ini dan memutuskan untuk membeli domain TLD yang berakhiran .com dengan harga sekitar Rp. 300.000,- per tahunnya.


Walaupun di Tahun 2020, saya baru memproduksi artikel original yang diterbitkan melalui Blog baru, namun semangat saya tidak akan pudar tetap berkarya dan sewaktu-waktu akan menyediakan video di dalam blog yang telah saya buat, meski Blog baru di Tahun 2020 sudah tertinggal jauh dibandingkan Blog lawas yang sudah lama membangun reputasi di Google dan kata kunci sudah banyak yang terisi dengan persaingan yang ketat dan padat.


Cara Blogger Baru Bersaing di Pencarian Google

Di Tahun 2020 ini, saya akan tetap mengelola Blog baru seumur jagung ini, dengan taktik yang biasa Blogger Profesional lakukan sampai saat ini, namun Blogger Profesional sudah mulai menipis karena banyak pengelola Blog yang berpindah ke situs web milik perusahaan lain.

Blogger Profesional mengatakan, apabila anda tetap menggunakan .blogspot, penggunaan tidak begitu luas, dan masih terbilang menginap di sebuah apartemen, sedangkan saat anda menggunakan alamat url Top Level Domain, anda seperti layaknya memiliki rumah sendiri, reputasi ketika .blogspot berpindah ke Top Level Domain akan kembali seperti membuat alamat url baru, namun lebih cepat untuk naik, karena alamat url berdiri sendiri.

Jadi karena saya baca tulisan itu, saya meyakinkan lagi, dan pada akhirnya saya memilih menggunakan url Blog berdomain TLD, yang berbayar mulai dari Rp. 25,000,- hingga Rp.300.000,- per tahun, untuk jangka panjang jadisaya lebih memilih untuk membeli domain .com dengan mengeluarkan biaya Rp. 300.000,-/ tahunnya walau persaingan di pencarian Google sangat sulit untuk mendapatkan pengunjung organik, tetapi saya tetap ingin menjalankan Blog ini tanpa merasa tersaingi, karena memang Blog saya masih baru.

Dan saat ini, Blogger sudah banyak yang berpindah ke blog berita yang merekrut penulis lepas, membuat Blog di Sosial Media Facebook, Instagram, membuat Vlog di YouTube dan situs yang memiliki platform yang menarik bagi penggunanya demi mendapatkan pengunjung yang banyak dan mendapatkan penghasilan tambahan. Dijaman sekarang, berita sudah mulai bertebaran dimana-mana. Blog Berita mempunyai penulis yang banyak, karena Blog berita tersebut merekrut jurnalis sebagai pekerja tetap (full time) dan merekrut penulis lepas (Freelancer part time) untuk meningkatkan kualitas alamat url dan Brand Perusahaan Blog Berita tersebut.

Pengelola Blog berita memiliki manajemen yang bagus dengan taktik yang sangat cerdas, dimana Blog tersebut lebih memilih bekerja dengan membentuk kelompok (organisasi) yang di gaji oleh pengelolanya. Selain itu Freelancer part time sebagai penulis lepas akan dibayar sesuai dengan total views yang mereka dapatkan dengan menggunakan alamat url dari Blog Berita tersebut. Sehingga penulis lepas yang bekerja part time itu akan berusaha membuat pembahasan dan judul artikel yang menarik, yang membuat masyarakat penasaran dengan artikel tersebut.

Sehingga penulis bukan hanya aktif dalam menulis namun melakukan promosi artikel dengan cara membagikan url ke tujuan yang diinginkan agar mendapatkan pengunjung yang banyak di artikel tersebut. Namun artikel yang diproduksi, seperti Blog Berita ini, tidak bermain riset kata kunci yang banyak dicari orang dan memiliki sedikit persaingan antar artikel lain yang telah dipublikasikan, melainkan berfokus pada kejadian yang ada di hari tertentu dengan target topik tertentu yang memiliki masa tenggang waktu untuk viral. Maka dari itu Blog berita memproduksi banyak artikel karena memiliki penulis yang banyak, dan kualitas Blog berita tersebut, dalam bentuk alamat url akan semakin berkualitas.


Resolusi Saya Sebagai Blogger Pemula di Tahun 2020

Jadi, Pada Tahun 2020 ini, saya harus mempelajari banyak hal untuk meningkatkan kualitas alamat url Blog dan Brand yang telah saya buat antara lain;
  • Belajar membentuk organisasi
  • Belajar memimpin
  • Meluangkan waktu untuk membaca perkembangan Blog
  • Belajar menyusun kalimat dalam mendeskripsikan isi dalam pikiran
  • Belajar membuat artikel yang berkualitas sesuai kata kunci
  • Belajar konsisten
  • Belajar mengatur waktu
  • Belajar cara riset kata kunci
  • Belajar promosi
  • Belajar menyusun judul yang menarik
  • Belajar HTML, CSS dan Java Script
  • Belajar mengelola keuangan
  • Belajar bisnis
Tentunya hal ini akan berjalan dengan mudah ketika saya mampu menguasai bagaimana cara menjadi pemimpin, mengelola keuangan, mengatur waktu, konsisten dan bisnis, maka saya mampu membentuk organisasi yang ada. Namun ini hanya program untuk diri saya sendiri saja, belajar secara otodidak, berhasil tidaknya tergantung pelaksanaannya.


Blog Agar Diterima Pengelola Iklan Google Adsense

Yang pertama kali saya cantumkan adalah menyusun tema yang benar, dan mengisi tab-tab yang kosong. Untuk membaca selengkapnya, klik Baca Juga.


Setelah itu saya script sitemap pada halaman baru di html halaman, untuk daftar isi Blog, yang nantinya daftar isi tersebut akan otomatis mengindeks artikel yang telah saya publikasi sesuai dengan labelnya. Saya telah menyalin html Sitemap seperti ini;
Keterangan :
<script src="https://www.otakumis.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
Tulisan yang terdapat latarbelakang kuning adalah alamat url blog saya, jadi siapapun yang menggunakan script diatas, harus mengganti tulisan latar belakang kuning tersebut dengan alamat url blognya.

 Kemudian selanjutnya saya mengisi robot.txt khusus pada tab pengaturan -> tab Preferensi Penelusuran -> Robot.txt Khusus seperti dibawah ini
Sitemap: https://www.otakumis.com/sitemap.xml, latarbelakang yang berwarna kuning ini harus diganti sesuai dengan alamat url Blog yang sesuai dengan alamat url Blog itu sendiri.

Kemudian saya mengatur tag tajuk robot khusus, seperti ini,

pengaturan tag tajuk robot khsus blogger
Blogger/Setelan/Preferensi Penelusuran/Aktif

Selanjutnya saya mendaftarkan Blog ke Google Search Console untuk mendaftarkan Blog ke penelusuran Google.


Pengertian Google Search Console

Google telah menyediakan alat pembantu untuk mengetahui apa yang telah dilakukan blog/website yang telah dibentuk dalam bentuk alamat url utama seperti tanpa www. (domain) maupun alat url cabang seperti www. (subdomain). Google Search Console dikenali juga dengan sebutan Google Webmaster Tools. Fungsi dari Google Search Console adalah membantu pengindeksan alamat url yang yang berisikan artikel atau data didalamnya yang akan dimunculkan pada halaman Google. Manfaat dari Google Search Console adalah dapat meningkatkan kualitas url Blog/Website agar tercantum di halaman Google. Selain itu berbagai macam alat tersedia di Google Console untuk mengevaluasi kecepatan Blog/Website, mengetahui letak error halaman url Blog/Website.

Berikut penjelasan lengkap tentang cara menggunakan Google Search Console (Google Webmaster Tools).


Ketika semua pengaturan sudah memenuhi syarat tampil di halaman Google, maka saya membuat artikel di Postingan Blogger.com. Pada saat menulis artikel, berbagai teknik saya lakukan agar artikel tampil di halaman pertama Pencarian Google. Berikut penjelasannya.


Cara Meningkatkan Kualitas Artikel di Tahun 2020

Untuk meningkatkan kualitas artikel di Tahun, maka saya mempelajari teknik robot  Google Search yang memiliki tugas, menyeleksi setiap artikel yang dibungkus url untuk mengindeks artikel. Yang harus saya lakukan di Tahun 2020 ini untuk memahami teknik robot agar artikel mencapai halaman pertama adalah;
  • Riset Kata Kunci
  • Menyusun artikel sesuai kata kunci
  • Menulis artikel menggunakan Header dan Sub Header
  • Menulis artikel original sebanyak lebih dari 1500 kata per artikel (minimal)
  • Menulis artikel menggunakan Header an Sub Header
  • Menambahkan gambar yang berukuran kecil sebanyak 1 s/d 5 gambar
  • Menulis Deskripsi yang mengandung kata kunci di kalimat pertama
  • Mengisi Label
  • Mengubah tautan permanen dengan kata kunci
  • Menentukan jadwal publikasi artikel
  • Tag Robot Khusus sesuai keinginan (tidak melakukan centang pada noindex)
Eksekusi akhir dalam membuat artikel adalah “Publikasikan”, apabila eksekusi telah dilakukan, disarankan untuk tidak mengedit Judul, Deskripsi.

Ketika eksekusi telah dilakukan, lebih baik jika tidak melakukan edit ulang dan bersih dari pengeditan, agar robot Google Search Console tidak bingung dengan apa yang telah dipublikasikan. Karena Google Search Console melakukan pengindeksan pada url artikel yang nantinya akan diposisikan pada halaman tertentu (Crawl) di Google.

Setelah mempublikasikan artikel di Blog melalui Blogger.com, saya membuka Google Search Tools (Google Webmaster Tools).


Cara Menggunakan Google Search Console (Google Webmaster Tools)

Berikut adalah cara menggunakan Google Search Console setelah melakukan pendaftaran dan verifikasi DNS;
  • Pertama masuk ke Google Search Console
  • Tekan Mulai Sekarang
  • Masukan alamat url artikel yang baru saja dipublikasikan
Google Search Console Webmaster
Google Search Console/Periksa url/masukan url artikel
  • Tekan tombol “Uji Url Aktif”, kemudian “Minta Pengindeksan”

Inspeksi URL/uji URL aktif

Pengindeksan Google Search Console
Uji Langsung/Minta Pengindeksan
  • Tekan Tab “Index Google”, kemudian “Minta Pengindeksan”
Index Google Search Console
  • Selesai.


Cara Daftar Google Adsense melalui Blogger

Setelah saya konsisten membuat artikel dalam kurun waktu sekitar 1-3 bulan, Blog saya terhitung 3 bulan apabila saya menggunakan alamat url Blogger yang terdapat .blogspot pada halaman, namun apabila dihitung dengan alamat domain TLD yang saya beli sebesar Rp. 300.000,- / tahun, sekitar 1 bulan saja.

Pada saat umur blog saya yang berdomain TLD ini berumur 1 bulan, saya melakukan pendaftaran penayangan iklan Google Adsense melalui Blog dengan jumlah artikel sekitar 30 artikel. Cerita lolos dari iklan Google Adsense sangat panjang, namun saya akan meringkas pada saat Blog saya diterima.Berikut cara daftar Google Adsense melalui Blogger;
  • Masuk Blogger
  • Pastikan akun Google sebagai pengurus Blog sudah benar
  • Ganti Bahasa Blogger.com, dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris (untuk menampilkan tab “Penghasilan”, Simpan Setelan, dan Reload Browser.

Penghasilan Adsense Blog
Tab Penghasilan Tidak Ada

Tab Penghasilan Adsense Blogger
Setelan/Bahasa dan Pemformatan/Bahasa/Inggris - Amerika Serikat (United States)
  • Tekan Tab “Penghasilan”
  • Jika sudah memiliki beberapa artikel dan umur blog beberapa minggu, akan muncul tombol “Daftarkan ke Adsense”
  • Pilih Google Akun yang sesuai (silahkan logout Google Akun lain dari daftar akun Google),
  • Isi Formulir dan siap untuk Ditinjau.

Formulir Adsense Blog
Blogger/Daftarkan ke Adsense/Isi Formulir
  • Tunggu selama 3-7 hari bagi Blog yang menggunakan Blogger (.blogspot), 7-14 hari bagi Blog yang berdiri sendiri (Domain TLD)
  • Periksa pemberitahuan di Gmail dari Google Adsense setelah 3-14 hari.
 Demi keakuratan Pendaftaran Adsense, agar cepat diterima dan tidak ada penolakan (sekali daftar diterima), menurut pengalaman saya seperti ini;
  1. Pastikan data akun Google tidak memiliki data yang sama seperti nama, tanggal lahir, alamat, no.handphone, data pembayaran
  2. Pastikan menggunakan perangkat yang belum pernah dipakai untuk mendaftarkan Adsense (berhubungan dengan IP)
  3. Pastikan akun Google lainnya sudah di logout.
  4. Pastikan sudah memiliki artikel original tata bahasa yang benar, sekitar 20 artikel lebih sesuai dengan cara membuat artikel berkualitas yang sudah dijelaskan.
  5. Pastikan umur blog sudah melewati 3 bulan
  6. Pastikan Tema tidak memiliki eror dan Mobile Friendly (gunakan tema EvoMagz/VioMagz sesuai pengalaman saya, apabila tidak memiliki tema tersebut, tekan tombol pencarian di Blog di pojok kanan atas, ketik viomagz silahkan download)
  7. Pastikan tidak ada link eksternal setiap tab dan artikel yang ada.
  8. Pastikan Blog memiliki Sitemap, About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer dan tab tersebut tersambung dengan halaman sesuai isi halaman.
Sekian artikel ini, itulah cara membuat Blog, artikel, pengaturan untuk tampil di penelusuran Google,penggunaan Google Search Console, pendaftaran Adsense melalui Blogger hingga cara cepat diterima sebagai penayang iklan Google Adsense dan saya rasa itu sudah cukup. Mohon maaf apabila artikel ini kurang lengkap dan sulit untuk dipahami.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Berita Kesehatan,3,Bisnis,8,CARA,12,Chord Lagu,2,Hidup Sehat,21,Ibu Hamil,4,Informasi,22,Jualan,5,Kesehatan,23,Konten Kreator,4,Konten Seru,1,Makalah,2,Motivasi,8,Pemula YouTube,1,Pendapat,11,Penyakit,3,Teknik Game,8,Tutorial Blogging,11,
ltr
item
OTAKUMIS: Cara Membuat Blog Artikel Baru sampai Lolos Google Adsense di Tahun 2020 Lengkap
Cara Membuat Blog Artikel Baru sampai Lolos Google Adsense di Tahun 2020 Lengkap
Cara membuat Blog hingga dapat menghasilkan uang dengan menayangkan Adsense di artikel Blog secara cepat dan tepat. Artikel ini menjelaskan cara membuat Blog, artikel, pengaturan untuk tampil di penelusuran Google, penggunaan Google Console Search, pendaftaran Adsense melalui Blogger hingga cara cepat diterima sebagai penayang iklan Google Adsense.
https://1.bp.blogspot.com/-faNI1nCSb_I/Xla9saywkoI/AAAAAAAAA3k/UVFbaRqUv6gmGpxzWjcCcYbVzM5_tk-GwCLcBGAsYHQ/s320/tajuk-robot-khusus.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-faNI1nCSb_I/Xla9saywkoI/AAAAAAAAA3k/UVFbaRqUv6gmGpxzWjcCcYbVzM5_tk-GwCLcBGAsYHQ/s72-c/tajuk-robot-khusus.jpg
OTAKUMIS
https://www.otakumis.com/2020/02/cara-membuat-blog-artikel-diterima-adsense.html
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/2020/02/cara-membuat-blog-artikel-diterima-adsense.html
true
1678029663612757951
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy