Kegagalan Dapat Meningkatkan Kesadaran Diri Seseorang

Kekecewaan yang dialami begitu besar ketika gagal dalam menjalani tantangan di kehidupan. Rasa kecewa akan timbul ketika kita gagal dalam menjalani proses menuju sukses. Kekecewaan akan mempengaruhi pemikiran seseorang. Namun, kegagalan dapat meningkatkan kesadaran diri seseorang. Sadar akan diri akan mempermudah menuju kesuksesan.

Sering kali kita di dunia ini menemukan masalah yang sepele bahkan yang rumit sekalipun. Kadang kita merasa lelah, lelah untuk menyelesaikan masalah atau tantangan yang ada, sehingga masalah dan tantangan yang diberikan selalu dihindari dan selalu menghantui kita.


Mengabaikan Kesempatan untuk Sukses

Malas menyelesaikan masalah dan tantangan membuat kita berjalan di tempat. Hanya karena biaya di tanggung orang tua, kita merasa aman-aman saja dari segi finansial sehingga orang malas tidak ingin menyelesaikan masalah di sekolah atau di perkuliahan ataupun dibidang yang harus ia jalani. Namun hari demi hari berlalu, umur orang tua akan semakin lama semakin bertambah, pensiun di depan mata.

Apa yang bisa kita lakukan apabila sumber penghasilan telah terhenti. Kekuatan manusia adalah bersumber dari makanan yang telah kita konsumsi, makanan yang ingin kita dapatkan tidak gratis, karena makanan yang dijual hasil jerih payah seseorang memelihara peternakan dan perkebunan. Pemilik ternak dan kebun  membutuhkan modal berupa uang untuk memelihara ternak dan perkebunan. Sehingga penjual makanan membayar hasil ternak dan kebun tersebut untuk bahan-bahan memasak makanan yang akan di jual kembali atau orang tua membeli bahan makanan untuk hidangan di dapur, untuk memenuhi kebutuhan makan sang anak.

Jadi, apa yang kita nikmati sebelumnya akan sirna begitu saja ketika tidak ada pemasukan uang, maka masalah besar pun terjadi. Kebiasaan malas menyelesaikan masalah, bagaikan kita sebagai manusia tidak ingin memanfaatkan diri kita selama hidup. Jadi apa tujuan hidupnya? Lebih baik pernah gagal dan selalu berusaha menjalani tantangan dibandingkan dengan kebiasaan malas menjalani tantangan hidup.

Orang tua telah berinvestasi dengan cara membiayai anak melalui pendidikan yang ditempuh sang anak hingga kuliah nanti, sehingga uang yang telah diinvestasikan terus berkembang walaupun orang tua memiliki batasan usia maksimal untuk menjalankan profesinya (pensiun).

Ketika seseorang tidak ingin ada tantangan di kehidupannya, hanya karena malas dan hanya ingin berbaring saja. Maka tidak akan menemukan kebahagiaan di kehidupannya.

Apabila fokus pada tantangan dan masalah yang diberikan, ketika lolos dari tantangan tersebut, kita akan lebih bersyukur telah menyelesaikan tantangan dan masalah tersebut. Kegembiraan dirasakan oleh karena tantangan telah terlewati yang membuat tingkat kehidupannya setingkat lebih tinggi dari sebelumnya, selain itu hidup kita akan lebih berwarna.


2 Opsi yang Kerap Muncul saat Menjalani Tantangan

Menjalani suatu tantangan hidup, tentu akan ada 2 opsi yang menentukan hasil kerja keras, dan keseriusan kita, yaitu sukses menjalankan tantangan atau gagal menjalankan tantangan. Disaat gagal menjalankan tantangan di hidup ini , kita akan mengerti betapa susahnya menaklukan tantangan, menyelesaikan masalah yang ada dan akan membuka pikiran kita untuk selalu berusaha.

Selain itu ada beberapa dorongan yang tidak langsung datang dari segala penjuru, yaitu gosip-gosip orang yang selalu meremehkan kita. Tantanganpun semakin bertambah dalam hidup kita, dimana bukan hanya kegagalan di bidang tertentu, namun dalam kehidupan sosial pun dapat membuat kita semakin jatuh dan merasa tidak nyaman oleh karena gosip-gosip kegagalan kita yang telah kita lalui, pada akhirnya kita akan berada di titik terendah.


Jika Gagal Berkali-kali, Ketahui Penyebabnya

Dengan mengetahui penyebab seseorang gagal berkali-kali, kita akan mengetahui bahwa seseorang tersebut bukan orang malas melainkan bukan bidang yang diinginkannya oleh karena jurusan kuliah atau pekerjaan di tentukan oleh orang tua. Pekerjaan ada 2 jenis yaitu pekerjaan yang mengutamakan fisik (non akademik) dan pekerjaan yang mengutamakan daya ingat (akademik), maka sebagai orang tua, lebih baik ketahui kemampuan anak apakah termasuk akademik tau non akademik. Sehingga kemampuannya sejalan dengan penentuan jurusan kuliah ataupun pekerjaan. Kesalahan dalam menilai kemampuan anak, akan mengakibatkan anak sering mengalami kegagalan dalam menjalani tantangan di perkuliahan atau pekerjaannya.

Baca Juga : Alasan Wajib Sekolah | Pendidikan Formal

Namun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mensukseskan keinginan orang tua, yaitu berusaha mengerti apa yang telah dipelajari walaupun riwayat nilai rapot semasa sekolah tidak mendukung jurusan kuliah atau pekerjaan tersebut. Tantangan semakin berat, kembali seperti di masa sekolah yang dimana berfokus pada menemukan cara belajar yang efektif, melatih otak, melatih mengingat. Di perkuliahan atau pekerjaan tidak lagi mempersalahkan cara belajar, karena pelatihan tersebut sudah didapatkan di sekolah dari pendidikan SD hingga SMA. Contoh, unggul di non akademik, namun kuliah atau bekerja yang mengunggulkan akademik. Sehingga kemampuan yang dimiliki tidak sinkron. Inilah yang membuat seseorang berlama-lama di kuliah, atau performa dalam bekerja, tidak maksimal.
Kegagalan Meningkatkan Kesadaran Seseorang
Belajar lebih keras dari orang-orang pada normalnya
Usaha lebih pun harus dilakukan ketika jurusan kuliah dan pekerjaan di tentukan oleh orang tua. Karena penentuan tidak sesuai dengan hasil rapot, wajar seorang anak akan mengalami masalah yang besar, terkejut, hingga dapat merugikan orang tua. Dan anakpun dianggap anak yang malas dan nakal. Sehingga nasehat yang didapat adalah nasehat yang tidak sesuai dengan apa yang telah dia alami. Tetap fokus dan berusaha, dan mengabaikan gosipan orang-orang yang tidak mengetahui penyebab dari sering mengalami kegagalan di bidang yang dijalankannya.


Solusi Ketika Mengalami Kegagalan

Jangan cepat menyerah ketika anda telah gagal menjalani tantangan, karena orang yang sirik dengan anda akan senang, gosip akan semakin membludak,  tekanan batin semakin besar. Buat mereka diam karena pencapaian anda. Kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Kalimat tersebut bukan hanya sekedar kalimat. Dengan mempunyai pengalaman gagal, kita akan lebih tau seluk beluk dari apa yang telah kita lakukan, mencari tau hingga kita tidak sadar telah menanamkan rasa penasaran yang dapat meningkatkan pengetahuan yang lebih tentang apa yang telah anda lakukan sehingga kita gagal menjalani tantangan yang lalu.

Orang yang cepat menyerah adalah orang yang tidak ingin mendapatkan ujian hidup yang berguna meningkatkan kesadaran diri, tujuan hidup, dan membuat kita lebih dewasa dalam berpikir.
Kegagalan dan Kesadaran Diri
Mengabaikan tantangan hidup, tekanan semakin besar
Orang yang pernah gagal dalam bidang tertentu, yang harus ia jalankan di kehidupannya, pasti sangat kecewa. Kecewa bukan main yang dapat mengakibatkan orang tersebut berada di titik terendah antara kata-kata bijak yang keluar atau sebaliknya untuk dirinya sendiri. Disaat seperti ini, keadaan ini akan mendorong kesadaran orang tersebut tentang tujuan hidupnya, sehingga ia akan bangkit, tidak seperti biasanya lagi.

Hidup hanya sekali, umur selalu bertambah seiring waktu, apakah tujuan hidup kita ingin merasakan penuh kekecewaan di hidup ini? Ataupun hidup untuk bersenang-senang tanpa kerja keras? Kita akan lebih bahagia bila mendapatkan lapangan pekerjaan yang akan membantu finansial kita sendiri, yang nantinya penghasilan tersebut kita kembangkan untuk keluarga kecil, memberi nafkah keturunan kita, membahagiakan suami/istri kita kelak, mengembalikan uang ke orang tua, memberi sedekah kepada orang tak mampu dan bisa mengembangkan hobi yang kita miliki.

Terkadang orang-orang yang senang membicarakan kegagalan orang, tidak tau tentang proses yang dijalani orang yang dibicarakan, mereka hanya tau tentang gagal tidaknya dalam menjalani tantangan. Itu artinya, kita sudah memiliki pengikut di kehidupan kita yang nantinya orang tersebut akan terinspirasi ketika kita sukses nanti.

Ayo semangat untuk mencapai tujuan hidup kita, dan menikmati kehidupan yang bahagia tanpa gosip orang-orang yang menjatuhkan kita di hidup ini.

COMMENTS

Nama

Berita Kesehatan,3,Bisnis,8,CARA,12,Chord Lagu,2,Hidup Sehat,21,Ibu Hamil,4,Informasi,22,Jualan,5,Kesehatan,23,Konten Kreator,4,Konten Seru,1,Makalah,2,Motivasi,8,Pemula YouTube,1,Pendapat,11,Penyakit,3,Teknik Game,8,Tutorial Blogging,11,
ltr
item
OTAKUMIS: Kegagalan Dapat Meningkatkan Kesadaran Diri Seseorang
Kegagalan Dapat Meningkatkan Kesadaran Diri Seseorang
Kekecewaan yang dialami begitu besar ketika gagal dalam menjalani tantangan di kehidupan. Rasa kecewa akan timbul ketika kita gagal dalam menjalani proses menuju sukses. Kekecewaan akan mempengaruhi pemikiran seseorang. Namun, kegagalan dapat meningkatkan kesadaran diri seseorang. Sadar akan diri akan mempermudah menuju kesuksesan.
https://1.bp.blogspot.com/-8PN5M65nuWk/XkVz6VEORqI/AAAAAAAAAz8/A05iUpFO7QADrsqd8URhfotJkFsBjFbkgCLcBGAsYHQ/s400/kegagalan-meningkatkan-kesadaran-seseorang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8PN5M65nuWk/XkVz6VEORqI/AAAAAAAAAz8/A05iUpFO7QADrsqd8URhfotJkFsBjFbkgCLcBGAsYHQ/s72-c/kegagalan-meningkatkan-kesadaran-seseorang.jpg
OTAKUMIS
https://www.otakumis.com/2020/02/kegagalan-meningkatkan-kesadaran.html
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/2020/02/kegagalan-meningkatkan-kesadaran.html
true
1678029663612757951
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy