Memulai Bisnis Sebagai Dropshipper

Dijaman sekarang bisnis dapat dilakukan dengan cara membuka jasa online, menjadi Reseller, Dropshipper bahkan Suplier. Namun dijaman yang sudah canggih ini banyak cara berbisnis dengan aman tanpa modal sekalipun. Jawabannya adalah menjadi Dropshipper di perusahaan atau Suplier yang menyediakan sistem Dropship.

Dijaman sekarang bisnis dapat dilakukan dengan cara membuka jasa online, menjadi Reseller, Dropshipper bahkan Suplier. Namun dijaman yang sudah canggih ini banyak cara berbisnis dengan aman tanpa modal sekalipun.

Bisnis tanpa modal mungkin sudah biasa, bisa saja tidak membutuhkan modal uang tapi membutuhkan modal tenaga. Saatnya mencari bisnis yang tidak mengeluarkan banyak modal dan juga tenaga. Jawabannya adalah menjadi Dropshipper di perusahaan yang menyediakan sistem Dropship. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita bahas tentang Dropship dan Dropshipper serta yang terlibat dalam sistem Dropship.


Apa itu Dropship?

Dropship adalah cara atau pola bisnis yang memanfaatkan pihak ketiga untuk memasarkan produk milik suplier ke calon pembeli yaitu melalui Dropshipper.


Siapa saja Terlibat dalam Sistem Dropship?

Perusahaan adalah suatu tempat dari organisasi yang menjunjung tinggi suatu program untuk menjalankan bisnis di organisasi tersebut baik dalam memproduksi barang original ataupun memecahkan masalah tentang program yang telah di terapkan di organisasi tersebut yang sudah resmi sebagai organisasi bisnis yang memiliki ijin pemerintah.

Suplier adalah sumber pemilik produk atau bahan mentah dengan jumlah stok yang banyak.

Dropshipper adalah seseorang yang membantu mempromosikan produk milik Suplier ke calon pembeli, dengan memajang data produk yang telah diberikan Suplier kepada Dropshipper, tanpa modal dan produk, yang nantinya produk yang di beli akan dikirimkan oleh Suplier menuju pembeli, yang mengatas namakan Dropshipper.

Konsumen adalah orang yang berminat atas barang yang telah ditawarkan oleh seller atau marketer.

Dengan adanya pola bisnis dropship, suplier, dropshipper, dan konsumen (pembeli) dimudahkan dengan adanya pola dropship ini.


Bagaimana Cara Kerja Dropshipper?

Tujuan Dropshipper adalah membantu suplier dalam menjual produknya dan mendapatkan komisi sekian persen. Ketika calon pembeli berminat untuk membeli barang tersebut,  dropshipper akan mendata informasi dan menyampaikan data barang yang ingin dipesan calon pembeli ke suplier. Dan suplier sebagai pemilik barang dagangan akan mengirimkan barang menuju pembeli, yang mengatas namakan dropshipper itu sendiri.

Apakah Dropshipper mirip seperti Reseller?

Dropshipper dan Reseller sama-sama menawarkan produk milik suplier. Berikut tugas Dropshipper dan Reseller.

Dropshipper

Menawarkan produk suplier, ketika calon pembeli berminat, maka barang akan dikirim oleh suplier menuju pembeli yang mengatas namakan dropshipper.

Reseller

Menawarkan produk suplier yang sudah di stok terlebih dahulu oleh Reseller dan menawarkan produk milik Suplier yang di stok ke calon pembeli.

Ataupun

Menawarkan produk Suplier, ketika calon pembeli berminat membeli produk Suplier, pembeli akan melakukan transaksi kepada Reseller dengan harga normal, produk Suplier akan di pesan terlebih dahulu oleh Reseller dengan harga seorang Reseller dan barang diterima oleh Reseller dan mengirim kembali ke pembeli.



Apa Perbedaan Dropshipper dengan Reseller?

Ada beberapa perbedaan antara Dropshipper dengan Reseller yaitu perbedaan sistem, keterlibatan, modal dan komisi. Berikut ulasannya.

Dropshipper

  • Menggunakan sistem Dropship
  • Kerjasama dengan Suplier
  • Tanpa modal dan stok barang
  • Komisi tergantung kesepakatan Suplier

Reseller

  • Menggunakan sistem jual kembali
  • Tanpa kerjasama dengan Suplier
  • Butuh Modal (Stok barang)
  • Keuntungan tergantung Reseller
  • Membeli produk Suplier dengan harga Reseller dan menjual kembali ke calon pembeli dengan harga normal


Apa Keuntungan dan Kerugian Dropshipper dibandingkan Reseller?

Dari 4 perbedaan tersebut, tentu akan muncul keuntungan dan kerugian tertentu baik itu Dropshipper atau Reseller.

Keuntungan :

  • Tidak membutuhkan modal awal
  • Mudah dilakukan dengan memajang gambar barang di Sosial Media
  • Tidak sibuk menyalurkan barang dari Suplier ke pembeli
  • Bisa dilakukan dimana-mana dengan membawa smartphone yang berisikan koneksi internet

Kerugian :

  • Barang yang di beli pembeli rusak dijalan, akan mempengaruhi Dropshipper
  • Pengiriman barang terlalu lama akan membuat Dropshipper kebingungan
  • Mempengaruhi reputasi Dropshipper


Pixabay/bisnis
Sumber gambar : Pixabay/bisnis


Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

  • Pastikan anda menghubungi pihak Suplier terlebih dahulu atau mencari Platform Situs Web E-Commerce yang menyediakan penerimaan anggota sebagai Dropshiper
  • Meminta ijin kepada Suplier untuk menjadi menjadi penawar barang dalam bentuk gambar
  • Memilih Suplier tangan pertama (sangat sulit)
  • Memilih Suplier yang terpercaya (rawan penipuan)


Bagaimana Trik Mencari Suplier yang Terpercaya?

  • Melihat hasil, jumlah, dan kualitas review atau komentar
  • Fokus pada pembeli yang komplain
  • Bandingkan jumlah review positif dengan negatif
  • Ketahui lama pengiriman
  • Mencoba membeli terlebih dahulu untuk mengetahui lama pengiriman dan kualitas barang


Apakah yang harus Dipelajari Calon Dropshipper?

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki dalam mengelola sebuah akun Sosial Media / Web / akun di Situs E-Commerce / Blog Pribadi sebagai wadah untuk tempat promosi seorang Dropshipper, antara lain ;
  1. Paham cara memelihara akun Sosial Media / Web / akun di  Situs E-Commerce / Blog Pribadi (wadah yang digunakan untuk promosi)
  2. Paham cara mendatangkan pengunjung
  3. Paham cara meningkatkan Followers atau mendatangkan pengunjung Sosial Media / Web / Situs E-Commerce / Blog Pribadi
  4. Akun memiliki Popularitas yang bagus
  5. Memiliki skill Promosi yang bagus
  6. Memilih Traffic yang tepat (jika promosi via Grup)
  7. Disarankan memiliki kelebihan di akun Sosial Media / Web / akun di Situs E-Commerce / Blog Pribadi
  8. Percaya Diri
  9. Siap mental untuk berbagai komplain yang akan dilontarkan pembeli


Kesimpulan

Seseorang yang ingin berbisnis tentu ingin mendapatkan untuk bukan kerugian. Namun hal tersebut tidak hanya keuntungan saja yang akan didapat, melainkan  kerugianpun dapat terjadi. Seorang pembisnis harus memiliki mental yang kuat, analisis dan solusi yang tepat disaat mengalami kerugian.

Selain itu banyak faktor yang mempengaruhi performa dari pembangunan bisnis yang telah diterapkan, mulai dari produksi barang, distribusi barang, hingga menentukan target pemasaran sebagai konsumen nantinya.

Untuk mengecilkan kemungkinan gagal, seseorang dapat mencoba bisnis sebagai Dropshiper dari Suplier tangan pertama, karena Dropshipper ini tidak mengeluarkan modal sedikitpun, namun hanya membutuhkan skill promosi dan pengelolaan akun yang benar sehingga reputasi akun yang telah dibentuk calon Dropshipper bisa dipercaya oleh target promosi.

Menjadi Dropshipper adalah jalan yang tepat bagi seseorang yang ingin mempelajari bisnis dari nol, untuk mengetahui kemampuan promosi calon pembisnis. Promosi adalah bekal awal yang harus dipelajari untuk membangun suatu usaha.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Berita Kesehatan,3,Bisnis,8,CARA,12,Chord Lagu,2,Hidup Sehat,21,Ibu Hamil,4,Informasi,22,Jualan,5,Kesehatan,23,Konten Kreator,4,Konten Seru,1,Makalah,2,Motivasi,8,Pemula YouTube,1,Pendapat,11,Penyakit,3,Teknik Game,8,Tutorial Blogging,11,
ltr
item
OTAKUMIS: Memulai Bisnis Sebagai Dropshipper
Memulai Bisnis Sebagai Dropshipper
Dijaman sekarang bisnis dapat dilakukan dengan cara membuka jasa online, menjadi Reseller, Dropshipper bahkan Suplier. Namun dijaman yang sudah canggih ini banyak cara berbisnis dengan aman tanpa modal sekalipun. Jawabannya adalah menjadi Dropshipper di perusahaan atau Suplier yang menyediakan sistem Dropship.
https://1.bp.blogspot.com/-myvSnI7m2K8/XmOJHsRJIhI/AAAAAAAAA6s/BsOJvS8R2n8uthO3tZN6G6RBv62JpuY1ACLcBGAsYHQ/s320/dropshiper.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-myvSnI7m2K8/XmOJHsRJIhI/AAAAAAAAA6s/BsOJvS8R2n8uthO3tZN6G6RBv62JpuY1ACLcBGAsYHQ/s72-c/dropshiper.jpg
OTAKUMIS
https://www.otakumis.com/2020/03/dropshipper-bisnis-tanpa-modal.html
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/2020/03/dropshipper-bisnis-tanpa-modal.html
true
1678029663612757951
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy