Penjelasan Klasifikasi Pasien Ketika COVID-19 Mewabah

Berikut Klasifikasi pasien saat periksa di pelayanan kesehatan, ketika Virus COVID-19 mewabah.

Pada tanggal 31 Desember 2019, Kantor Negara WHO di Cina mendeteksi adanya sebuah Pneumonia dengan penyebab yang tidak diketahui di Wuhan yang awalnya penyakit ini dinamakan Novel Coronavirus (NCov-19) yang gejalanya mirip seperti MERS dan SARS. Dan pada tanggal 11 Februari 2020, penyakit ini disahkan dengan nama COVID-19.
(WHO, 2020)

Penyakit Pandemi COVID-19 mulai ditangani lebih dini oleh setiap pelayanan kesehatan di Cina agar Virus ini tidak menyebar ke Negara lain.

Namun, untuk menanggulangi COVID-19, semua orang terlibat untuk menjaga kesehatan agar imunitas tubuh tetap stabil, tidak berpergian ke Negara yang terpapar. Dan mengontrol semua orang agar mengikuti intruksi dari pusat tidak mudah. Sehingga berbagai kelengahan seseorang akan ketidakpatuhannya terhadap instruksi, kemungkinan menyebarkan virus semakin besar dan luas.

Gejala dari penyakit virus COVID-19 ini antara lain :

Demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, letih dan lesu.

Ketika seseorang memeriksakan dirinya ke pelayanan kesehatan, dan mengalami beberapa gejala yang terdapat pada penyakit COVID-19, maka pasien diberi label klasifikasi tertentu, tidak langsung dianggap terinfeksi virus COVID-19, namun masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Diharapkan agar tidak panik ketika di klasifikasikan oleh Rumah Sakit, karena penyakit bukan hanya COVID-19, tetapi alangkah baiknya periksakan lebih lanjut untuk menyembuhkan keluhan utama pasien, atau mengindentifikasi lebih lanjut apakah pasien ini mengarah pada penyakit COVID-19.

Klasifikasi Pasien

Berikut Klasifikasi pasien saat periksa di pelayanan kesehatan, ketika Virus COVID-19 mewabah :
  • Orang Beresiko Rendah (Low Risk)
  • Orang Dengan Resiko (At Risk)
  • Orang dalam pemantauan (ODP)
  • Pasien Dalam Pengawasan (PDP)
Untuk mengetahui apa maksud dari klasifikasi diatas, perlu dilakukan penjelasan yang lebih rinci, agar seseorang yang diklasifikasikan salah satu yang ada diatas agar tidak panik.

Low Risk adalah orang yang sehat, tidak memiliki gejala yang terkait, tidak ada riwayat ke negara yang terjangkit virus.

At Risk adalah orang yang sehat, tidak memiliki gejala yang terkait dan pernah ke negara yang terjangkit virus 14 hari terakhir.

ODP adalah seseorang yang memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang merupakan daerah penularan virus tersebut dan pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi virus, hasil rontgen tidak ditemukan adanya Pneumonia.

PDP adalah seseorang yang memiliki gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan (ringan atau berat), pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah penularan virus dan pernah berkontak dengan langsung dengan seseorang yang terjangkit virus, hasil rontgen ditemukan adanya Pneumonia.
(@ppdsgram Instagram, 2020)

Wanita Memakai Masker Wajah
Pixabay/Virus

Jika seseorang didapatkan positif pada tes, orang tersebut harus diisolasi dan orang-orang yang telah dekat dengannya harus di pantau hingga 2 hari sebelum mereka mengembangkan gejala, dan orang-orang tersebut harus dilakukan pengujian gejala COVID-19. (WHO, 2020)

WHO juga menyarankan bahwa semua kasus yang dikonfirmasi, bahkan kasus ringan, harus diisolasi di fasilitas kesehatan, untuk mencegah penularan dan menyediakan perawatan yang memadai. Karena banyak negara sydah melebihi batas kapasitas dalam merawat kasus-kasus ringan di fasilitas kesehatan khusus, maka disarankan agar fasilitas kesehatan harus memprioritaskan pasien yang lebih tua dan mereka yang memiliki kondisi mendasar. (WHO, 2020)

Untuk menanggulangi agar terhindar dari penyakit virus COVID-19 maka kita sebagai orang yang sehat harus tetap waspada dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil dan baca cara penanggulangannya di artikel berikut.

Baca Juga : Cara Pencegahan agar Tidak Terpapar COVID-19

(nama penyakit versi lama, namun pencegahan yang sama).

Kesimpulan

Terimakasih telah membaca, tetap waspada, ikuti instruksi dari WHO dan tidak panik, agar wabah penyakit virus ini cepat terselesaikan. Hal yang harus diperhatikan adalah mengikuti instruksi bukanlah hanya mengetahui penyebab adanya penyakit COVID-19. Penanganan dari pelayanan kesehatan dilakukan, pencegahan juga harus dilakukan oleh setiap orang. Jika tidak dilakukan pencegahan, maka virus ini tidak akan ada habisnya. Sterilkan terlebih dahulu karena penyakit ini adalah penyakit yang menular.

COMMENTS

Nama

Berita Kesehatan,3,Bisnis,8,CARA,12,Chord Lagu,2,Hidup Sehat,21,Ibu Hamil,4,Informasi,22,Jualan,5,Kesehatan,23,Konten Kreator,4,Konten Seru,1,Makalah,2,Motivasi,8,Pemula YouTube,1,Pendapat,11,Penyakit,3,Teknik Game,8,Tutorial Blogging,11,
ltr
item
OTAKUMIS: Penjelasan Klasifikasi Pasien Ketika COVID-19 Mewabah
Penjelasan Klasifikasi Pasien Ketika COVID-19 Mewabah
Berikut Klasifikasi pasien saat periksa di pelayanan kesehatan, ketika Virus COVID-19 mewabah.
https://1.bp.blogspot.com/-JLB4R3e_JSs/XnQZr8y4BwI/AAAAAAAAA9A/WZ5JdpJSchEYnORrEnF5kesavMmvA-o9gCLcBGAsYHQ/s320/virus-COVID-19.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JLB4R3e_JSs/XnQZr8y4BwI/AAAAAAAAA9A/WZ5JdpJSchEYnORrEnF5kesavMmvA-o9gCLcBGAsYHQ/s72-c/virus-COVID-19.jpg
OTAKUMIS
https://www.otakumis.com/2020/03/penjelasan-klasifikasi-pasien-ketika.html
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/
https://www.otakumis.com/2020/03/penjelasan-klasifikasi-pasien-ketika.html
true
1678029663612757951
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy